The Legend of Bruce Lee

Labels:

The Legend of Bruce Lee merupakan salah satu film biografi Bruce Lee. Film ini diproduseri oleh Raymond Chow, seorang produser ternama sekaligus pemilik Golden Harvest, sebuah perusahaan film ternama Hong Kong. Raymond Chow juga merupakan produser yang membuat Bruce Lee terkenal di Hong Kong dan seluruh Asia.


Hasrat seorang ahli Kung Fu


Film ini dibagi dalam beberapa bab, dimulai dari masa kecil hingga kematian Bruce Lee. Perbedaan film ini dengan Dragon : The Bruce Lee Story adalah The Legend of Bruce Lee lebih menekankan pada sisi profesionalisme Bruce Lee sebagai ahli kung fu, aktor sekaligus sutradara dan bukan kepada kehidupan pribadinya.


Pada dasarnya ada beberapa hal yang hampir sama antara kedua film tersebut. Dan dapat dikatakan saling melengkapi. Akan tetapi Dragon : The Bruce Lee Story lebih cenderung ke arah film komersil dengan bumbu-bumbu khas film, sementara The Legend of Bruce Lee cenderung ke semi dokumenter.


Dalam film ini, di kisahkan perjalanan Bruce Lee dari seorang pemeran pendamping di film serial Amerika, ditolak oleh para produser Hollywood hingga menjadi salah satu aktor dan sutradara yang film-filmnya memecahkan rekor Box Office Hong Kong. Dia menjadi aktor nomer satu di Hong Kong di masa itu.


Film ini membahas hasrat Bruce Lee terhadap kung fu dan apa makna kung fu bagi hidupnya. Saat anda melihat film ini, anda akan melihat bahwa seorang Bruce Lee benar-benar menguasai kung fu China termasuk di dalamnya filosofi dari kung fu China tersebut.


Selain itu, film ini juga membahas kenapa Bruce Lee menjadi aktor ternama saat itu. Apa rahasianya ? Apa yang membedakan dia dan para aktor lain ? Bagaimana ciri-ciri karakter dan formula apa yang sering di pakai oleh Bruce Lee dalam film-filmnya?


Kehidupan pribadinya tidak terlalu dibahas. Menurut penuturan salah seorang terdekatnya, karakter-karakter yang diperankan Bruce Lee terkadang atau kebanyakan hampir sama dengan kesehariannya.


Kematian yang mencengangkan


Salah satu hal yang kontroversial adalah mengenai kematiannya. Bruce Lee sempat diberitakan dekat dengan salah seorang aktris Hong Kong yang bernama Betty. Betty cantik dan terkenal dengan peran-peran sebagai femme fatale yaitu karakter wanita yang kecantikannya merupakan senjata mematikan. Bruce sempat beberapa kali bekerja sama dengan Betty.


Bruce ditemukan meninggal di apartemen Betty beberapa saat sebelum mereka hendak bertemu dengan Raymond Chow untuk makan siang. Betty mengaku bahwa Bruce mengeluh sakit kepala, karenanya dia memberikan obat sakit kepala kepada Bruce dan membiarkan Bruce tiduran sejenak di kamarnya. Akan tetapi kemudian Bruce meninggal.


Kontroversi berlanjut karena Linda, sang istri dan Betty tidak mau berkomentar mengenai kematian Bruce. Orang keheranan karena tidak menyangka orang sesehat dan semuda Bruce bisa meninggal begitu cepat. Karena mereka yang tahu persis akan apa yang terjadi, terus bungkam maka gosip merebak dengan liarnya. Spekulasi bermunculan di berbagai majalah, tabloid dan surat kabar bahwa sebelum meninggal, Bruce dan Betty sempat berhubungan seks.


Kontroversi ini diperparah dengan pernyataan Linda yang memutuskan untuk "merelakan" kematian sang suami, memutuskan untuk tidak menelaah lebih lanjut akan apa yang terjadi dengan suaminya dan merasa bahwa kematian sang suami adalah sesuatu yang semestinya. Dalam arti, bahwa Bruce mati karena sebab-sebab wajar dan bukan karena hal-hal lain.


Betty yang terus mendapat tekanan publik untuk membuat pernyataan, hanya menyatakan bahwa dia menghormati persahabatannya dengan Bruce dan memutuskan sikap diam adalah sesuatu yang benar untuk situasi saat itu.


Untuk mengakhiri kontroversi ini, pihak pengadilan mengumumkan hasil otopsi yang menyebutkan bahwa penyebab kematian Bruce Lee adalah pembengkakan di saraf otak dikarenakan zat yang terkandung dalam obat sakit kepala yang diminumnya. Hal yang menjadi pertanyaan adalah apakah ini adalah efek samping karena Bruce yang mengkonsumsi obat sakit kepala sejak lama ataukah itu sebuah kematian mendadak yang disebabkan obat sakit kepala yang diberikan Betty ? Kalau yang terakhir yang benar, maka Betty yang kemungkinan bertanggung jawab.


Pertanyaan yang sampai ini belum terjawab.

1 comments:

  1. Anonymous said...:

    mas,salam kenal aku ahmad 21 m dr jogja..aku dulu pernah liat film legend of bruce lee tapi dulu pas aku TK ,di acara kungfu selasa siang SCTV itu..sayangnya baru tengah2 film aku udah disuruh bobok..ga boleh main ataupun nonton tv lagi...so mulai dari situ aku penasaran bgt ama kelanjutan ceritanya...n ampe sekarang aku nyari2 legend of bruce lee susah bgt mas...aku minta tlg,klo mas tau URL utk download film itu dmn ya?atau klo mas nya punya aku pgn dicopyin vcd/dvdnya ntar aku ganti ongkoskirimnya aja boleh y?tlg jwabannya email saya y mas : ahtovic87@yahoo.com..aku tunggu mas..trmksh bnyk

Post a Comment

Hi friends, have something in your minds: Comments, Critiques, Questions or Requests?. Just write them done. You know the rules : no spams, keep civilized, and polite.
Every comment that against the rules above will be deleted.

Follow us

Recommend Us On Google
Like Us On Facebook
Follow Me on Pinterest