Jalan Cerita Smallville Kacau Bag 2

Labels:

Technorati Tags: , , ,
Bagian Pertama 
Artikel ini ditulis sebagai tanggapan atas komentar dan keluhan para penggemar Smallville Indonesia yang merasa bahwa jalan cerita Smallville Kacau. Maksud dari definisi kacau ini adalah bahwa mereka merasa Smallville menyimpang dari mitologi atau cerita Superman yang pernah mereka lihat atau baca. Entah dari versi buku komik, film layar lebar atau serial televisi ( seperti serial televisi yang dibintangi Dean Cain dan Terry Hacther : Lois and Clark The New Adventures of Superman atau Superboy ).
Dalam bagian pertama sudah dijelaskan mengenai sejarah singkat Smallville dan filosofi kedua pencipta Smallville yaitu Al Gough dan Milles Millar ( sekalipun keduanya kini sudah hengkang dari Smallville). Kemudian beberapa hal krusial yang dianggap menyimpang dari cerita Superman yang selama ini mereka lihat.
Nah dalam bagian kedua ini kita akan masuk dalam perbandingan antara elemen-elemen dalam mitologi Superman yang dipakai di Smallville untuk melihat bahwa sekalipun dianggap menyimpang atau kacau, ternyata Smallville masih patuh terhadap mitologi Superman.
Peringatan : Terdapat beberapa bocoran mengenai season 8. Teman-teman yang belum melihat Smallville season 8 mungkin harus mempertimbangkan apakah mereka perlu membaca lebih lanjut, tetapi bila kalian merasa tidak terganggu maka silakan melanjutkan membaca.
1. Watch Tower
Dalam Smallville :
Watch Tower merupakan nama sandi untuk Chloe saat dia berperan sebagai operator dari tim Justice. Kalau misalnya teman-teman ingat mulai dari Season 6 Episode Justice, setiap anggota tim Justice memiliki inisial-inisial sendiri. Dalam season 8, Chloe memutuskan bahwa dia akan bergabung dalam tim sebagai operator dan memakai nama sandi Watch Tower. Watch Tower, online !!!
Dalam DC :
Watch Tower merupakan markas Justice League. Berwujud sebuah satelit luar angkasa dengan tingkat keamanan tinggi. Watch Tower dibangun dalam rangka melindungi keamanan markas Justice League. Sebelumnya mereka memiliki markas di Bumi seperti di kota Detroit. Tetapi di Bumi, markas itu lebih rawan untuk diserang para musuh dan mereka memang pernah mengalaminya. Untuk mencegah hal yang sama terulang, mereka membangun markas di luar angkasa. Selain lebih sulit diakses dan diserang, satelit Watch Tower juga menjadi benteng pertama untuk melindungi segala macam serangan luar angkasa. ( Lihat sejarah Justice League)
2. Beberapa julukan dan jargon Superman muncul
Superman memiliki banyak julukan seperti Man of Tomorrow, The Last Son of Krypton dll. Saat Maxima membujuk Clark untuk tinggal bersamanya, dia mengatakan : " Sejak kecil, aku mendengar tentang legenda mengenai seorang Krypton yang gagah dan layak berdiri di sampingku yang seorang ratu. Saat Krypton hancur, aku berdoa supaya ada seorang yang selamat. Dan akhirnya aku menemukanmu, The Last Son of Krypton. " ( Season 8 Episode Instinct )
Salah satu anggota Legion, Lightning Lad mengeluh kepada Cosmic Boy dan Saturn Girl bahwa Clark yang mereka jumpai jauh berbeda dengan Man of Steel yang mereka kenal. Tidak berkaca mata, tidak bisa terbang, dan tidak memakai kostum dengan sayapnya yang terkenal itu. ( Season 8 Episode Legion)
Saat Chloe dan Clark disihir oleh Zatanna. Clark kehilangan memori mengenai kekuatan dan asal usulnya. Chloe membujuk Clark untuk menggunakan kekuatannya untuk melompat ke atap gedung Daily Planet dan menghentikan Zatanna. Clark ragu-ragu. Namun saat sihir Zatanna hilang, dan Chloe menjadi normal kembali Clark mulai percaya perkataan Chloe. " Ayo Clark. Lompat, kamu pasti bisa. Up, Up and Away !" kata Chloe. Dan Clark pun meloncat tinggi. Up, Up and Away merupakan perkataan Superman dalam beberapa versi komik jadul saat akan terbang. Bahkan salah satu komik diberi judul Superman : Up, Up and Away !!
3. Ramalan Masa Depan
Saat Legion pertama kali bertemu dengan Clark, Lightning Lad bertanya, " Hi Kal, where’s you cape ?" ( Hi, Kal- Legion memanggil Superman dengan nama Kal-El-dimana sayapmu- mengacu pada mantel warna merah pada kostum Superman)
Cosmic Boy dan Saturn Girl mengatakan bahwa Clark menjadi pioner dan perintis sehingga Bumi menerima keberadaan alien. Penerimaan penduduk Bumi terhadap keberadaan Alien membuat eksodus alien ke Bumi secara besar-besaran. Dan beberapa alien dari seluruh galaksi berkumpul membentuk Legion untuk memberantas kejahatan antar galaksi.
Dalam catatan sejarah, tidak terdapat nama Chloe. Legion merasa bahwa Chloe mungkin seharusnya mati saat dia menjadi host dari Brainiac. Atau-menurut Cosmic Boy- kematian atau keberadaan Chloe menjadi pemicu dari munculnya kemampuan terbang Clark. Ini mengacu pada peran Chloe di yayasan Isis yang dikenal dalam sejarah sebagai yayasan yang turut berperan serta dalam membantu mengembangkan kemampuan Superman.
Legion mengatakan bahwa Clark akan menjadi legenda hidup dan pencapaianya akan dikenal antar galaksi. Peran Superman menjadi semacam legenda dan teladan dari semua superhero dari generasi di bawahnya. ( Season 8 Episode Legion).

Para Karakter DC di Smallville :
4. Impulse
Dalam Smallville :
Impulse adalah nama sandi Bart Allen. Clark dan Bart Allen bertemu di season 4 episode Run. Bart adalah anak jalanan yang gemar mencuri barang berharga dengan kekuatan kecepatan supernya. Asal usul kekuatan Bart menurut pengakuannya dikarenakan kecelakaan yang berhubungan dengan petir. Semenjak itu dia memiliki kecepatan luar biasa, tetapi orang tuanya tidak bisa menerima kondisinya, maka Bart pun memutuskan untuk menjadi anak jalanan.
Pasca season 4, Green Arrow memergoki Bart sedang mencuri lalu mengajak dia bergabung dengan tim Justice.
Dalam DC :
Bart Allen adalah Flash pertama. Dia merupakan ahli forensik di Central City Police Department. Saat dia kerja lembur, kecelakaan terjadi yang melibatkan petir dan cairan kimia di lab, mengubah Bart menjadi manusia dengan kecepatan super. Dia mengembangkan diri sehingga dapat mengubah molekul tubuhnya dan menembus benda padat seperti dinding. Kecepatan supernya memang jauh melebihi Superman. Bart menikah dengan Iris. Dan membina keluarga tetapi sang istri tidak mengetahui rahasianya.
Impulse sebenarnya nama anggota Ten Titans. Dia berkecepatan super, pernah bergabung dengan tim para pendamping superhero seperti Robin, Red Arrow dll. ( Lihat sejarah Justice League)
5. Maxima
Dalam Smallville :
Ratu Almerac yang sedang mencari pendamping hidup. Rupanya tidak satupun pria di planet Almerac yang sekuat Maxima. Maxima memiliki ciuman maut. Bila orang yang diciumnya tidak memiliki kekuatan super, mereka akan mati karena hormon endorfin mereka akan meningkat jauh melebihi batas normal. Hormon ini adalah hormon yang muncul saat manusia melakukan beberapa aktivitas seperti berolahraga dan berhubungan seks.
Saat Tess Mercer melakukan percobaan dengan kristal Fortress of Solitude, kristal itu mengirim sinyal ke galaksi dan diterima oleh Maxima. Maka Maxima pun datang ke Bumi mencari Clark. Clark menjadi pilihan Maxima karena secara biologis mereka seimbang (kekuatan dan fisiologis).
Dalam DC :
Tidak ada perbedaan signifikan mengenai latar belakang Maxima. Dalam DC, Superman tidak menyukai Maxima karena menganggap Maxima adalah ratu tiran. Dan memang Maxima sebenarnya menginginkan Clark karena kekuatan supernya. Contohnya, saat Superman kehilangan kekuatannya dan menjadi manusia biasa. Maxima yang mengetahuinya kecewa dan langsung meninggalkannya.
Maxima bergabung dengan Justice League. Merupakan superhero kedua setelah Superman yang mampu bertahan berhadapan dengan Doomsday.
6. Zatanna Zatarra
Dalam Smallville :
Zatanna adalah Mistress of Magic, putri dari Zatarra, seorang ahli sihir. Zatanna memiliki kemampuan untuk mengabulkan keinginan seseorang. Zatanna sedang mencari buku sihir peninggalan sang ayah dalam upayanya menghidupkan sang ayah. Untuk mencapainya, dia berusaha mendekati Oliver yang baru saja mengakusisi Luthor Corp. Dalam perjalanannya, dia bertemu dengan Chloe dan Clark dan mengabulkan keinginan mereka. Oliver yang tahu tujuan Zatanna yang berbahaya, mencuri buku itu untuk dihancurkan.
Di akhir cerita, Zatanna menawarkan kepada Oliver bantuannya sebagai permintaan maaf. Kapan saja Oliver butuh bantuan untuk menghadapi sihir jahat, dia akan berusaha menolong. ( Smallville Season 8 Episode Hex)
Dalam DC :
Zatanna adalah putri dari Zatarra. Ibunya meninggal saat Zatanna lahir. Zatarra merupakan anggota All Star Squadron dan merupakan ahli sihir terkemuka. Karena kehebatannya, seorang musuh mengutuknya sehingga bila Zatanna akan mati bila bertemu sang ayah. Maka Zatarra pun terpaksa meninggalkan Zatanna sendirian, berjuang untuk hidup dan tumbuh dewasa.
Karenanya Justice League menjadi semacam keluarga pengganti untuk Zatanna. Zatanna ahli dalam pertarungan sihir satu lawan satu. Sekalipun mewarisi kekuatan sang ayah, kekuatannya memiliki batas dan harus memakai perantara. Begitupun kekuatan teleportnya. Keahliannya dalam menghadapi hal-hal aneh menjadikannya anggota tim Justice League yang penting. ( Justice karya Alex Ross).

Bagian Ketiga

0 comments:

Post a Comment

Hi friends, have something in your minds: Comments, Critiques, Questions or Requests?. Just write them done. You know the rules : no spams, keep civilized, and polite.
Every comment that against the rules above will be deleted.

Follow us

Recommend Us On Google
Like Us On Facebook
Follow Me on Pinterest