Jalan Cerita Smallville Kacau ?

Labels:

Bagian Pertama

Ke Bagian Kedua 

Setelah membaca komentar-komentar mengenai Smallville di blog-blog, website-website seperti Youtube dan Facebook dan beberapa web lokal maupun asing, saya melihat banyak orang yang merasa bahwa jalan cerita Smallville kacau. Beberapa menganggap bahwa Smallville menyimpang dari mitologi Superman dan yang lain merasa bingung dengan cerita Smalliville. Jadi, sekarang timbul pertanyaan umum : Apakah jalan cerita Smallville kacau ?
Pertama sebelum melangkah ke jawabannya menurut versi saya, kita harus paham dulu bahwa dalam setiap launching produk dan jasa, dalam dunia bisnis terdapat istilah differensiasi. Seandainya anda sebagai produser hendak membuat film horor, apa perbedaan atau keunikan film horor anda dari film horor lain ? Kalau misalnya tidak ada, lalu apa yang membuat orang tertarik menonton film anda ? Sebelum anda mulai pun, anda sudah gagal.
Hal ini berlaku juga untuk produk dan jasa lain. Dan tentunya Smallville. Orang di seluruh dunia mengenal siapa itu Superman, sejarahnya dan kehidupannya. Sebelum Smallville dibuat, sudah terdapat beberapa serial televisi mengenai Superman. Tentu kita ingat serial Lois and Clark : The New Adventure of Superman yang diperankan oleh Teri Hacther dan Dean Cain. Atau serial televisi Superboy yang pernah ditayangkan puluhan tahun lalu. Begitu juga berbagai macam serial animasi mengenai Superman.
Seandainya saya menjadi Al Gough atau Milles Millar ( dua kreator Smallville, sekarang sudah keluar dari produksi), saya pasti berpikir : sudah begitu banyak serial televisi Superboy dan Superman yang dibuat, lantas apa bedanya serial televisi yang akan kita buat nantinya dengan yang lain ?
Dua orang di atas bukan penggemar berat Superman, bahkan mereka mengaku tidak suka membaca buku komik. Karenanya setelah mempelajari mitologi Superman, mereka memutuskan untuk melakukan ADAPTASI MODERN dari serial ini. Mungkin beberapa penggemar tahu peraturan emas Smallville " No flight, No Tight" ( tidak ada adegan terbang, tidak ada kostum) untuk Clark Kent. Itu adalah dasar utama dari serial Smallville. Pihak produser mengatakan bahwa hingga akhir cerita Smallvillle, Clark tidak akan memakai kostum. ( Hal ini bisa saja berubah karena dua kreator itu sudah keluar dari produksi Smallville).

Kedua, sekalipun ceritanya benar-benar berbeda dari kebanyakan serial televisi Superman. Smallville tetap berpegang pada mitologi Superman. Jadi inti cerita Smallville tetap merupakan perjalanan Clark Kent hingga akhirnya dia menjadi superhero legenda yang kita kenal dengan nama Superman.
Lebih lanjut bacalah Sejarah Pembuatan Smallville.
Ada beberapa hal yang bagi sebagian orang dianggap menyimpang :
1. Persahabatan Lex dan Clark.
Kebanyakan orang tahu bahwa mereka musuh abadi, tetapi mereka malah bersahabat di Smallville. Sebenarnya dalam novel grafis Birthright ciptaan Mark Waid yang diterbitkan di tahun 2004, Clark Kent dan Lex Luthor digambarkan sebagai kawan dekat. Dan pada komik Adventura # 271 (1962), diceritakan awal permusuhan Lex dengan Superboy karena kecelakaan di lab Lex saat Lex hendak melakukan percobaan yang diklaimnya mampu mensejahterakan Smallville (baca lebih lanjut dalam artikel "Variety Version of Lex Luthor").
2. Chloe dan Lionel Luthor
Nah, dua karakter ini memang tidak terdapat dalam sejarah manapun dalam dunia komik DC karena dua karakter ini diciptakan khusus bagi serial televisi Smallville. Chloe diciptakan sebagai karakter penghubung yang menyelidiki setiap gejala keanehan yang ada di Smallville berkaitan dengan hujan meteor. Sementara karakter Lionel diciptakan sebagai tandingan dari keluarga Kent. Keluarga Kent yang membesarkan anaknya dengan cara baik dikontraskan dengan Lionel yang membesarkan anaknya dengan cara ekstrim. ( Lebih Lanjut baca artikel Proses Casting Smallville).
3. Lana dan Lois
Banyak orang bertanya siapa sebenarnya kekasih Clark nanti : Lana atau Lois ? Karakter Lana memang merupakan kekasih Clark semasa SMA ( dalam versi John Bryne , Man of Steel). Dalam versi Man of Steel, akhirnya Lana menikah dengan Peter Ross ( juga dalam cerita komik The Death of Superman).
Memang merupakan versi yang agak menyimpang saat Lois tiba-tiba masuk ke Smallville padahal dalam versi lain, Clark dan Lois baru bertemu saat mereka bekerja di Daily Planet. Siapa yang akhirnya menjadi kekasih Clark ? Jawabannya pasti pada akhirnya tetap Lois. Lana keluar dari Smallville pada Season 8 ini setelah tampil selama lima episode sebagai bintang tamu.
Pihak Produser sadar bahwa walaupun sedikit orang tidak menyukai Lana, tetapi Lana merupakan karakter yang memiliki penggemar yang cukup banyak. Memasukkan Lois begitu saja untuk menggantikan Lana akan membuat para penggemar kecewa dan mungkin membuat mereka urung menonton Smallville. Sedangkan para penggemar Lois mungkin belum sebegitu banyaknya dibanding penggemar Lana. ( Beberapa penggemar mengaku tidak bisa melihat Clark berpacaran dengan Lois).
Karena itu penulis cerita Smallville berupaya membuat karakter Lana yang hampir sempurna menjadi cacat dengan membuat dia marah kepada Clark dan berpaling kepada Lex. Hal tersebut sudah cukup parah, ditambah dengan sikap Lana yang menutup mata terhadap sifat Lex dan pendapat orang-orang di sekitarnya terhadap hubungan mereka berdua. Semakin lebih buruk, kemarahan membabi buta yang ditujukan Lana kepada Clark dan juga betapa kondisi tersebut membuat Clark terluka. Hal ini membuat para penggemar mulai membenci Lana. ( Aku pribadi merasa muak saat melihat dialog cinta antara Lex dan Lana- Please give me break !!"
Namun, Lana tidak keluar begitu saja dari pertunjukkan ini sebagai penjahat. Di season tujuh, kepribadiannya dipulihkan. Walaupun tidak benar-benar menjadi Lana yang seperti dulu, karena rupanya bersama Luthor membuat Lana menjadi "rusak". Dendam Lana tidak berhenti begitu saja di season ketujuh dan dibawa hingga season delapan. Maksudku, Lana dilukai begitu dalam oleh Lex dan di akhir season ketujuh, Lex hampir membunuh Clark. Itu alasan yang tepat bagi seorang kekasih seperti Lana untuk membunuh Lex. Kondisi Lana menjadi alasan yang paling masuk akal kenapa mereka berdua (Clark dan Lana) tidak bisa bersama. Karena kebersamaan mereka tidak membawa pengaruh positif bagi keduanya, terutama bagi Clark. Para penggemar keduanya pasti menyadari hal itu. Dan akhirnya merelakan bahwa dua pasangan serasi itu akhirnya harus berpisah demi kebaikan keduanya.
Sekarang tugas sulit yang dialami para penulis Smallville adalah bagaimana menggantikan peran Lana dengan Lois. Sebenarnya hal ini sudah mulai "tercium" di akhir season ketujuh. Lana pergi, Lois ada di sana untuk menghibur Clark. Lagipula, di Season delapan mereka bekerja bersama. Bila hati-hati dan pelan-pelan, para penulis Smallville tentunya bisa membuat karakter Lois disukai para penggemar ( toh mereka berhasil membuat aku merasa ilfill dengan Lex dan Lana).
Bersambung....

Bagaimana memahami Smallville ? Sebaiknya kalau teman-teman merupakan penggemar Smallville, teman-teman tetap harus mempelajari mengenai Superman dalam berbagai versi. Silakan mendownload e-book berikut ini : (Semua dalam bahasa Indonesia)
Sejarah Smallville
Krypton
Berbagai versi Jor-El

Berbagai versi Lex Luthor
Superman
Justice League

0 comments:

Post a Comment

Hi friends, have something in your minds: Comments, Critiques, Questions or Requests?. Just write them done. You know the rules : no spams, keep civilized, and polite.
Every comment that against the rules above will be deleted.

Follow us

Recommend Us On Google
Like Us On Facebook
Follow Me on Pinterest