Smallville-The New Colour of Superman


(Bagian Pertama dari 6 Bagian)


Smallville pada dasarnya merupakan adaptasi cerita klasik Superman ke dalam kehidupan modern. Dapat dikatakan produser film serial ini dengan berani memberikan interpretasi baru kepada kisah Superman dan membuat perombakan besar-besaran pada ceritanya. Untuk penggemar Superman pasti tahu kalau mau mengikuti serial ini. Dengan kata lain, cerita Superman dimodifikasi dan dikacaukan habis-habisan dengan cara yang fresh, rumit dan bikin penasaran.


Jangan harap menemukan kisah sederhana tentang seorang Clark yang menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain seperti kisah Superman lain. Akan ada konflik, perubahan watak tokoh-tokohnya, perubahan bentuk hubungan dan hal-hal lain yang mengejutkan. Karena film serial ini lebih ke arah drama-aksi.


Film serial Smallville dirilis di AS pada tahun 2001. Sampai tahun 2007 sendiri, serial ini sedang memasuki session 7 , premierenya dimulai pada 27 September 2007 kemarin di The CW. Tayang setiap kamis malam pukul 8/7 C. Bayangkan, serial ini mampu bertahan sampai 7 tahun. Kalau di Indonesia ada sinetron yang bisa bertahan sampai 7 tahun, pasti ratingnya tinggi kalau tidak pasti produser tidak mau susah payah mempertahankan film serial ini sampai 7 tahun.


Apalagi di AS berbeda dengan Indonesia. Sistem film serial mereka adalah sistem session. Kalau para produser mendapati serial mereka mulai membuat jenuh penonton atau terkesan tidak produktif lagi, tidak perduli seberapa besar fans yang ada atau setinggi apapun ratingnya, mereka akan memutuskan untuk menghentikan serial itu dan menggantinya dengan yang lain. Contohnya saja serial laris Friends, Will & Grace dan serial-serial lain.


Satu yang menonjol dari Smallville adalah Clark tidak memakai kostum ketat warna merah birunya. Pihak produser mengatakan bahwa sampai akhir cerita Smallville, Clark tetap tidak akan mengenakan kostum. Inilah era baru superhero. Superhero tanpa kostum, dan kelihatannya ide ini diikuti oleh serial lain semacam Heroes. Pastinya ada juga fans Superman yang kecewa karena Clark tidak berkostum, tapi justru inilah daya tarik utama pada awal premiere Smallville. Orang-orang pasti penasaran, apa menariknya dan bagaimana jadinya superhero besar seperti Superman tidak mengenakan kostum.

Yang menarik adalah walau sang tokoh utama tidak berkostum tapi superhero-superhero lain yang terkenal kadang-kadang mampir dan menjadi bintang tamu dan mereka mengenakan kostum. Yah, tetap saja kostumnya dimodifikasi ala modern. Pertama kalinya Justice League muncul (bukan animasi) di Smallville pada session 6, tokoh kenamaan seperti Flash, Green Arrow, Aquaman, dan Cyborg (sebenarnya Cyborg bukan anggota Justice Leaque tapi anggota Ten Titans-tandingan Justice Leaque) muncul dengan mengenakan kostum. Pada session 7, Kara Zor-El alias Supergirl muncul. Kara adalah saudara sepupu Clark. Zor-EL adalah adik Jor-El, ayah Clark.


Yang aku bagikan dalam blog ini adalah hal-hal sejauh mana aku tahu, karena aku baru mengikuti sampai session 5. Di Solo sendiri Session 6 memang belum beredar. Kalau session 7 mungkin akan release di Indonesia dua tahun lagi, karena saat ini session 7 baru tayang di AS.



Perhatian : Cerita Smallville agak rumit, jadi jika setelah membaca ini kamu merasa bingung, itu adalah hal yang wajar. Tapi kalau kamu mau mengikuti dari awal pasti tidak akan rugi. Sebagian yang tertulis di sini adalah penilaian pribadi, kalau kamu merasa ada kesalahan penilaian atau kekurang akuratan, silahkan memberi komentar.


Setelahnya
Sumber Gambar : Kryptonsite.com
Related Topik
Panduan Episode Smallville Season 4

Smallville Episode Guide Season 5

0 comments:

Post a Comment

Hi friends, have something in your minds: Comments, Critiques, Questions or Requests?. Just write them done. You know the rules : no spams, keep civilized, and polite.
Every comment that against the rules above will be deleted.

Follow us

Recommend Us On Google
Like Us On Facebook
Follow Me on Pinterest