Smallville Caracter Guide 1-Clark dan Lana

(Bagian 2 dari 6 Bagian)




Clark Kent/ Kal-El




Clark Kent atau Kal-El berasal dari Planet Krypton. Ayahnya bernama Jor-El, seorang pemimpin sekaligus ilmuwan terkemuka di Krypton. Ibunya bernama Lara. Karena adanya suatu hal yang belum diketahui mengakibatkan hancurnya Krypton, membuat Jor-El terpaksa mengirim Kal-El, anaknya yang baru lahir, ke bumi dalam sebuah pesawat kecil. Untuk menyamarkan kedatangan Kal-El, pesawat kecil itu tiba di bumi dibarengi dengan hujan meteor. Pesawat Kal-El tiba di Smallville, Kansas, AS. Dan ditemukan oleh sepasang suami istri petani bernama Jonathan Kent dan Martha Kent. Karena Martha Kent mempunyai masalah dengan kandungannya sehingga tidak bisa mempunyai anak, Keluarga Kent memutuskan untuk mengadopsi Kal-El dan menamainya Clark Kent.



Di Planet Krypton, setiap penduduknya sebenarnya mempunyai kekuatan yang sama dengan manusia, perbedaannya terletak pada kebudayaan dan teknologi Krypton yangmaju pesat. Bumi dikatakan tertinggal beribu-ribu tahun di belakangnya. Karena pengaruh matahari kuning ( matahari dalam tata surya kita), setiap orang Krypton yang berada di sistem tata surya kita akan mempunyai kekuatan super karena tubuh mereka berfungsi sebagai "baterai berjalan" yang terus menyerap tenaga matahari. Karena itulah tenaga Kryptonian (orang Krypton) dapat pulih dengan cepat dan jauh lebih kuat daripada manusia. Karena itulah dalam film Superman Returns, terdapat adegan sesaat setelah Superman terluka karena Kryptonite, dia terbang sedekat mungkin menuju matahari dan berusaha menyerap kekuatan matahari.



Dalam Smallville, kekuatan Clark muncul secara bertahap. Saat dia berusia 9 tahun, kecepatan super soniknya muncul. Session I, kekuatan super dan kemampuan sembuh dengan cepat muncul. Di pertengahan session I, kemampuan sinar X-Ray-nyamuncul. Di session kedua, kemampuan pandangan panas muncul ( matanya mengeluarkan sinar laser). Di session ketiga kemampuannya mendengar dari jarak jauh muncul. Kemudian, dari berita yang kubaca di sebuah situs, di session 7 yang saat ini tengah tayang di AS,kemampuan nafasnya yang mampu membekukan muncul. Dan sampai sejauh ini dia belum mampu terbang. Mungkin terbang adalah kemampuan puncaknya.



Kepribadian :



Clark Kent dalam versi Smallville berbeda dengan versi lain. Dia tidak berkaca mata, tidak culun. Dan tidak terlihat lemah. Karena anak seorang petani, fisiknya kuat. Clark Kent tumbuh besar menjadi seorang remaja yang mempunyai kepedulian yang kuat terhadap orang lain. Karena didikan dari orang tua angkatnya, dia menjadi seorang remaja dengan integritas yang tinggi, kejujuran dan kebaikan tanpa pamrih (kadang-kadang terlihat seperti keramahan khas orang-orang yang tinggal di desa, karena memang Smallville dapat dikatakan kota kecil). Persamaannya dengan versi lain adalah dia pemalu, cenderung menghindari perhatian dan low profile. Satu hal yang ditanamkan dengan kuat oleh keluarga Kent adalah kemampuan atau kesediaan untuk tidak menilai orang dari luar, dan selalu berusaha melihat ke dalam diri seseorang dengan mempercayai bahwa setiap orang selalu mempunyai sisi baik.



Satu hal yang menarik adalah Clark dalam versi Smallville tidak selalu digambarkan sebaik versi lain. Clark kadang-kadang melakukan kesalahan-kesalahan fatal khas seorang remaja. Film ini dengan terbuka menggambarkan sisi manusiawi seorang remaja dengan kemampuan super. Misalnya saja, dalam suatu adegan karena melakukan kesalahan fatal sehingga Martha Kent keguguran, Clark memutuskan untuk minggat dari rumah. Selama tiga bulan dia berpetualang, menjadi seorang penjahat. Merampok bank, membobol ATM, pergi ke Night Club. Hal-hal yang tidak akan pernah terjadi dalam versi lain. Clark kadang-kadang bisa menjadi sangat pemarah. Terutama kalau orang-orang yang dikasihinya dalam bahaya. Dia tidak akan segan-segan mengekspresikan amarahnya dengan kekuatannya.



Selain itu sekalipun pendiam dan pemalu, dia juga tidak segan-segan marah dan menyatakan kritik terhadap hal yang tidak disetujuinya. Mungkin ini terpengaruh oleh sifat ayahnya, Jonathan Kent. Ciri khas keluarga Kent adalah sifat kritisnya terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar. Kalau mendapati ada hal yang salah, entah siapa orang itu, Clark tanpa basa-basi akan menyatakan pendapatnya dan merasa punya kewajiban untuk melakukan sesuatu sekalipun itu tindakan yang berbahaya.



Kekurangan Clark adalah karena kekuatanya yang besar, dia cenderung ceroboh dan lambat merespon. Seringkali karena kekuranghatiannya itu, lawan-lawannya dengan mudah menjatuhkannya. Mungkin karena tidak terlatih sebagai seorang Krypton, dibanding dengan semua orang Krypton yang pernah dihadapinya, dia gampang terkalahkan bukan karena dia lemah tapi karena dia ceroboh. Orang Krypton lain cenderung terlatih untuk mengantisipasi adanya Kryptonite, batuan hijau yang terletak jauh di dalam inti Planet Krypton yang ternyata merupakan kelemahan mereka, jadi orang Krypton mampu bereaksi cepat terhadap batu meteor ini. Sayangnya tidak demikian dengan pahlawan kita yang satu ini. Kalau kalian setia mengikuti Smallville, mungkin kalian tahu sudah berapa banyak dia terluka karena Kryptonite.


Tom Welling as Clark Kent


Tom Welling lahir di New York, 26 April 1977. Dia lulus SMA di Okemos High Scholl, Okemos, Michigan di tahun 1995.


Tom melakukan beberapa kegiatan modelling untuk Louisa Agency Modelling dan kemudian mendapatkan peran yang cukup besar sebagai "Rob The Karate Instructor" di serial Judging Amy yang ditayangkan di CBS selama season 2000-2001. Dia juga tampil di serial Special Unit 2 yang ditayangkan di UPN dan Undeclared yang ditayangkan di Fox.


Tom melakukan debut layar lebar pertamanya dalam film Cheaper By The Dozen, dan sekarang film itu telah dibuat sekuelnya. Dia juga berperan dalam remake film The Fog yang beredar di tahun 2005.


Di waktu luang, Tom menikmati waktu dengan membaca, bermain basket dengan temannya, dan berlari. Dia menikah dengan istrinya, Jamie, di musim panas tahun 2002.



Lana Lang



Kalau ada perempuan yang sempurna di mata pahlawan kita, maka dialah adalah Lana Lang. Lana Lang yatim piatu saat dia berusia 4 tahun. Kedua orang tuanya meninggal dalam hujan meteor tepat di depan matanya. Hal inilah yang membuat Lana tumbuh dengan perasaan bersalah karena dia satu-satunya yang selamat dalam insiden itu. Lana merasa seharusnya dia ikut mati bersama dengan kedua orangtuanya. Kompensasi dari rasa bersalah itu adalah Lana selalu merasa bahwa dia akan mati muda. Dan sekalipun dia diadopsi oleh bibinya, dia tetap merasa sebatang kara.



Lana tumbuh menjadi gadis yang cantik, manis, baik hati dan rapuh. Karena dia rapuh, dia menjadi bergantung pada penerimaan seseorang. Kalau ada seorang pria yang membuat dia merasa diperhatikan, aman, dan nyaman, Lana bisa dengan mudah jatuh cinta padanya. Yang lucu adalah, saking populernya Lana karena kecantikannya, banyak meteor freaks (manusia yang terkontaminasi dengan Kryptonite dan memiliki kemampuan "khusus", entah kenapa selalu punya kecenderungan jahat dan menyalahgunakan kekuatannya) jatuh cinta kepadanya. Dan berusaha membunuhnya.



Karena bergantung pada penerimaan orang lain, Lana belajar untuk tumbuh-dengan mengabaikan keinginannya sendiri- untuk menjadi "gadis impian Amerika". Maksudnya adalah dia berusaha menjadi gadis dengan kepribadian dan identitas sebagaimana yang Amerika inginkan. Contohnya adalah apa yang Amerika harapkan dari seorang gadis cantik ? Tentunya kalau dia seorang siswi SMA mungkin dia harus menjadi seorang cheerleader, ikut kontes kecantikan, berpacaran dengan kapten tim football dan hal lain. Selalu dibayangi apa yang dipikirkan masyarakat terhadap dirinya.



Clark dan Lana



Saat Lana mengenal Clark dengan lebih dekat, Lana sedang berpacaran dengan quaterback SMU Smallville,Will. Sekalipun Clark jatuh cinta setengah mati terhadap Lana, dia tidak berani mengungkapkan perasaannya. Clark merasabertanggung jawab terhadap kematian orang tua Lana. Selain itu Clark takut kalau Lana tidak mampu menerima diri Clark yang sebenarnya. Lana dan Clark mempunyai nasib yang hampir sama, yaitu yatim piatu. Karena itulah mereka merasa dekat. Apalagi bersama Clark, Lana merasa aman dan nyaman. Lana bisa menceritakan pada Clark hal-hal yang tidak pernah dia ceritakan pada orang lain, entah karena biasanya yang lain tidak peduli atau karena persoalan itu adalah sesuatu yang Lana rasa tidak pantas dia pikirkan dan rasakan.



Tapi dengan Clark dia merasa bahwa dia bisa menceritakan apapun tanpa merasa malu. Dan untuk Lana, Clark berusaha menjadi pelindung dan penyelamat rahasianya. Setelah Will pergi untuk mengikuti wajib militer, mereka bertambah dekat. Lana akhirnya memutuskan untuk putus dengan Will.



Lana kadang-kadang merasa bingung dengan Clark karena dia bisa melihat bahwa Clark mengirim tanda-tanda bahwa dia menyukai Lana, tapi Clark selalu menghindar setiap kali Lana menanyakan hal itu. Selain itu Lana merasa bahwa Clark menyimpan rahasia dan tidak mau berterus terang. Karena hal itu konflik sering terjadi. Yang menyakitkan adalah Lana gampang mencurigai Clark dan marah pada Clark. Tarik ulur, saling kirim sinyal, pura-pura tidak ada apa-apa dan saling cemburu menjadi konflik yang indah di session-session awal.



Saat akhirnya Clark dan Lana berpacaran, lagi-lagi Clark dan rahasianya menjadi penghalang. Lana selalu mendesak Clark untuk jujur tapi Clark merasa tidak sanggup. Akhirnya hubungan mereka putus sambung. Hingga akhirnya Lana tidak mampu menoleransi kebohongan Clark dan berpaling kepada Lex Luthor.



Sebelumnya.

Sesudahnya





Related Topik
Panduan Episode Smallville Season 4

Smallville Episode Guide-Season 5

Sumber Gambar :Kryptonsite.com

0 comments:

Post a Comment

Hi friends, have something in your minds: Comments, Critiques, Questions or Requests?. Just write them done. You know the rules : no spams, keep civilized, and polite.
Every comment that against the rules above will be deleted.

Follow us

Recommend Us On Google
Like Us On Facebook
Follow Me on Pinterest