Smallville Character Guide 4: Keluaga Luthor

(Bagian 5 dari 6 Bagian)


Keluarga Luthor


Lex Luthor :"Im the Vilain of this Stories..."


Alexander Luthor adalah putra tunggal dari milyuner pemilik perusahaan LuthorCorp, Lionel Luthor. Pada awalnya dia adalah pemuda kaya yang manja dan suka bersenang-senang. Lalu karena suatu persoalan di Metropolis dan juga persoalan dengan ayahnya, dia pergi ke Smallville. Lex secara natural adalah orang yang kharismatik. Setiap perkataannya selalu penuh dengan perumpamaan, pengetahuan. Membuat orang cenderung tertarik padanya kalau tidak tahu bahwa dia putra Lionel Luthor.


Kepala Lex botak bukan tanpa sebab tetapi dikarenakan hujan meteor. Lex dapat dikatakan sebagai salah satu "metetor freaks". Orang yang menjadi mutan karena dampak kryptonite. Selain mengakibatkan kebotakan permanen, hujan kryptonite menyebabkan sel darah putih dalam tubuh Lex meningkat tajam sehingga tubuhnya bisa pulih dengan cepat. Karena itulah Lex menjadi salah satu orang yang paling "susah"´mati dalam serial ini.


Lex dan ayahnya tidak akur. Sang ayah merasa bahwa Lex terlalu lemah untuk menjadi pewarisnya dan berusaha mendidiknya sampai dianggap layak. SedangkanLex tidak mau menjadi seperti ayahnya, yang terkenal karena keculasannya. Akhirnya mereka saling berebut kekuasaannya. Tentu saja perebutan kekuasaan ala orang kaya, yang kadang-kadang karena begitu berbahayanya memakan nyawa orang lain.



Lex berusaha menunjukkan pada sang ayah bahwa dia kuat, layak dan bisa menjadi pribadi yang berbeda dari ayahnya. Lionel hendak menunjukkan bahwa Lex lemah dan bukan siapa-siapa. Karena itu Lionel menggunakan cara-cara kejam untuk menjatuhkan Lex dan bisnisnya. seberapa sengitnya pertarungan mereka, sebenarnya Lex mencintai ayahnya, dan hanya ingin pengakuan dan kasih sayang. Dapat dikatakankeluarga Lex adalah kisah keluarga yang sakit dengan bentuk hubungan yang aneh.


Clark dengan Lex


Perjumpaannya dengan Clark terjadi secara dramatis, saat mobilnya selip dan menabrak Clark yang berada di tepi jembatan. Clark lalu menyelamatkan Lex. Lex tadinya hanya ingin mengucapkan terima kasih dengan memberikan hadiah padanya. Tapi akhirnya kepribadian Clark menarik perhatiannya. Keluarga Kent dengan segera membuat Lex merasa iri terhadap Clark yang berlimpah kasih sayang, hidup sederhana, bertolak belakang dengan Lex.


Iri,penasaran, Lex berusaha mendekati Clark dan orang tuanya. Yang dengan segera ditentang Jon yang merasa bahwa Lex, sama seperti ayahnya adalah penjahat culas yang harus dijauhi. Dengan kegigihannya Lex berhasil menyakinkan keluarga Kent bahwa dia tulus. Lex dan Clark akhirnya menjadi sahabat baik.


Pengaruh persahabatan itu ternyata membawa harapan bagi Lex untuk berubah menjadi seperti Clark. Lex dengan caranya selalu berusaha membantu Clark, terutama untuk mendapatkan Lana. Tetapi Clark selalu menolak kesempatan-kesempatan yang dibuat Lex, membuat Lex semakin penasaran dan semakin kagum pada Clark.


Lagi-lagi rahasia Clark mengganjal hubungan mereka. Lex ternyata bercabang dalam ketulusannya. Disatu sisi dia sungguh ingin mengenal Clark tapi di sisi lain dia penasaran dan curiga bahwa Clark bukanlah manusia biasa. Karena itulah Lex selalu berusaha mengungkap rahasia Clark.


Clark akhirnya tahu tentang hal ini. Akhirnya persahabatan mereka retak. Dan malang untuk Lex, nasib kelihatannya membawa ke dalam kegelapan. Setiap kali dia berusaha melawan sisi gelap dalam dirinya, peristiwa demi peristiwa hanya membuat dia semakin kecewa. Membuat hatinya semakin dingin dan kelam.


Akhirnya dua sahabat ini menuju arah yang berlawanan. Clark semakin mantap menggunakan kekuatannya untuk kebaikan dan Lex menggunakan kekuasaannya untuk hal-hal yang jahat. Ironis, karena baik Lex maupun Clark saling menganggap satu sama lain adalah saudara (yang tidak pernah mereka miliki). Obsesi Lex terhadap Clark semakin menguat dan semakin terlihat, membuat dia akhirnya jatuh cinta pada Lana.


Anehnya walaupun Clark telah memproklamasikan permusuhan mereka, kadang-kadang bila ada "meteor freak" atau penjahat mengacau, Clark dan Lex kadang-kadang bekerja sama. Dan saat Lex dalam bahaya, Clark tetap saja menolong. Kalau urusan "meteor freak" memang biasanya dalang di balik segala keanehan itu adalah LuthorCorps.


Semula dia tulus berusaha membuat Lana dan Clark menjadi sepasang kekasih, tetapi pada akhirnya Lex justru berusaha memisahkan mereka dan membuat Lana berpaling padanya. Dan akhirnya memang berhasil. Dan ini meyakitkan bagi Clark, melihat Lana berpaling pada Lex. Permusuhan mereka berdua semakin sengit. Akhirnya legenda permusuhan mereka yang abadi semakin mendekati puncaknya.


Michael Rosenbaum as Lex Luthor


Michael Rosenbaum lahir di Oceanside,Long Island,New York 11 Juli 1972, dan dibesarkan di Indiana. Dia mulai suka berakting setelah berperan dalam drama sekolah menengahnya dan lalu melakukan melakukan pertunjukkan di Western Kentucky University. Dia mendapat perhatian yang luas dan diingat sebagai satu dari pemeran pertunjukkan "Amsterdam Kids" pada acara Late Night with Conan O’Brien.


Michael menikamati permainan hoki, dan ya, dia mencukur rambutnya untuk perannya sebagai Lex Luthor. Dia juga tetap menyibukkan diri-dalam rangka tampil sebagai Lex di Smallville. Michael juga berperan dalam beberapa film, dia mengisi suara Wally West/The Flash dalam serial animasi Justice League.


Para penggemar, tentunya, berpikir Michael sebagai Si Seksi. Website resminya untuk semua "Rosebuds" bisa ditemukan di :http://www.michaelrosenbaum.com/.


Previous Credits: (Movies) Urban Legend, Sweet November, Midnight in the Garden of Good and Evil, Sorority Boys, Bringing Down The House, Poolhall Junkies, Racing Stripes, (Television) Zoe, Duncan, Jack & Jane, The Tom Show, (Voice) Justice League, Batman Beyond, Batman Beyond: Return of the Joker


Upcoming Credits: Dragonlance


Lionel Luthor


Lionel Luthor sebenarnya hanya anak seorang penjahat yang kejam dan gemar menyiksa dan ibunya seorang pemabuk. Mereka tinggal di apartemen kumuh di Smallville. Lionel diduga membakar apartemen itu dengan bantuan seorang sahabatnya, Morgan Edge sehingga kedua orangtuanya mati. Dengan kegigihannya, akhirnya dia menjadi orang kaya. Merasa masa lalunya tidak cocok dengan statusnya dan juga pastinya tidak akan membawa kebanggaan kalau diceritakan, maka Lionel membuat silsilah keluarga baru yang menyatakan bahwa mereka adalah keturunan bangsawan dari Scotlandia. Untuk memperkuat silsilah itu, dia membeli puri di Scotlandia dan memboyongnya ke Smallville. Dia juga menyatakan bahwa kedua orangtuanya meninggal di Scotlandia dan dikuburkan di sana.


Lionel menganggap bisnis itu sebagai perang dan untuk menang, cara apapun dihalalkan. Dia dengan bangga selalu mengutip kebiasaan dan watak para penakluk dunia seperti Julius Caesar saat dia mengajarkan pada Lex soal bisnis. Dan yang paling mencengangkan adalah caranya mengajarkan praktek bisnis kepada Lex. Lex yang memberontak dan berusaha merebut kepemilikan LuthorCorp dari sang ayah, untuk menghadapinya, Lionel tidak segan-segan melakukan permainan "hidup dan mati" terhadap Lex supaya Lex menjadi kuat.


Entah berapa nyawa yang dikorbankan dalam permainan" hidup dan mati" antara ayah dan anak itu hanya untuk membuat Lex paham bahwa cara untuk bertahan dalam hutan raya bisnis adalah dengan bersikap kejam dan tanpa ampun. Kepada siapapun, termasuk terhadap keluarga. Seperti Lex, Lionel yang tahu sejarah adopsi Clark, juga merasa bahwa Clark bukan hanya manusia biasa dan berusaha mencari tahu kebenarannya. Lex dan Lionel lagi-lagi berebut untuk lebih dulu mengetahui rahasia Clark.


Latar belakang sikap Lionel yang dingin terhadap Lex dikarenakan kesalahpahaman Lionel yang menyangka bahwa Lex membunuh adik bayinya,Julian, saat Lex kecil. Padahal sang ibulah yang melakukannya, alasannya ? Ibunya tidak ingin Julian dibesarkan dengan cara Lionel. Entah bagaimana karakter Martha mengingatkan Lionel kepada istrinya. Karena itulah Lionel menyukai Martha Kent.


Ironisnya, pada akhirnya saat mengetahui rahasia Clark, Lionel justru terpilih sebagai Oracle,perantara yang digunakan Jor-El untuk memberikan pertolongan pada Clark saat Clark dalam bahaya. Kedekatan Lionel dengan Clark dan Martha membuat Lex semakin tidak menyukai Clark. Yang pasti Lionel mengalami transformasi setelah bersentuhan dengan rahasia Clark, dari hewan buas yang haus kemenangan menjadi orang yang berjuang untuk menjadi baik. Sedangkan Lex yang dengan susah payah melawan dirinyajustru berubah seperti dirinya. Tentunya dengan harapan agar Lionel mengakui Lex, apa yang Lex dapatkan ? Kekecewaan karena prinsip hidup ayahnya berubah, demikian juga tuntutan Lionel kepada Lex.


Clark dan Lionel


Jelas pada awalnya Clark sangat membenci Lionel. Andaikata terpaksa membunuh orang ini, Clark akan melakukannya dengan senang hati, terlebih saat dia tahu Lionel menyelidikinya. Kebencian Clark memuncak saat Lionel secara langsung terlibat dengan kematian Jonathan Kent. Padahal sejak kematian Jon, Lionel berusaha mendekati Martha. Menawarkan persahabatan dan pertolongan terhadap janda yang sedang rapuh dan butuh pegangan. Bahkan Lionel terlihat berusaha menggantikan posisi Jon. Jelas Clark tidak mampu menerima, sampai akhirnya semua jelas. Lionel berbalik membenci dan kecewa terhadap Lex dan menyayangi Clark. Dan memang terlihat bahwa posisi yang dulunya dipegang oleh Jon sebagai pelindung dan penolong Clark digantikan oleh Lionel.


John Glover as Lionel Luthor


John adalah bagian dari pemain tetap Smallville dari season 1 tetapi dia tidak selalu tampil dalam episode-episode Smallville sampai tahun 2002-2003. (Para Pemain tetap biasanya sering tampil per episode- kalau tidak akan ditulis sebagai Guest Star seperti Erica Durance pada season 4).


Lahir di Salisbury, Marland, Glover tercatat sebagai aktor dalam banyak bidang termasuk film, serial televisi, dan teater. Salah satu perannya yang paling diingat adalah saat dia memerankan sang iblis dalam Brimstone-pertunjukkan yang ingin dia lihat dalam format DVD suatu saat.


Glover terus aktif mengejar karier di teater. Dia juga berpartisipasi dalam peringantan Jack Glover Memory Walk, nama ayahnya, untuk mendanai the Alzheimer’s Association, Greater Maryland Chapter.

Previous Credits: (Movies) Payback, Robocop 2, Batman & Robin, Gremlins 2: The New Batch, Scrooged, Love! Valour! Compassion! (Television) Miami Vice, Brimstone, (Voice) Batman: The Animated Series (as the Riddler)

Sebelumnya

Sesudahnya

0 comments:

Post a Comment

Hi friends, have something in your minds: Comments, Critiques, Questions or Requests?. Just write them done. You know the rules : no spams, keep civilized, and polite.
Every comment that against the rules above will be deleted.

Follow us

Recommend Us On Google
Like Us On Facebook
Follow Me on Pinterest