Smallville Character Guide Additional : Oliver Queen

justin, green arrow

Oliver Queen :"Justice will be served"

Justin Hartley memerankan Oliver Queen. Oliver Queen adalah pewaris tunggal dari Queen Industries semenjak orang tuanya meninggal. Si Jutawan nan rupawan ini ternyata memiliki identitas ganda sebagai Green Arrow yang bagi sebagian orang dianggap sebagai teroris.

Oliver Queen adalah teman SMA Lex di SMA Excellsior, Yayasan Harvard. Mereka berdua tidak akur. Oliver sewaktu remaja adalah pemimpin geng yang disegani di SMA Excellsior. Seorang pembuat onar yang suka menganggu Lex dan temannya. Karena suatu peristiwa yang menyebabkan kematian sahabat Lex (di mana Lex ikut terlibat), Oliver berubah haluan.

Saat dewasa, dia bertranformasi dari seorang anak badung yang suka menganggu menjadi jutawan kaya yang berjiwa sosial. Merasa menyesal dengan dosa masa lalu, Oliver berusaha berbuat kebaikan sepanjang hidupnya. Salah satu caranya adalah dengan menjadi Green Arrow yang berpatroli membasmi kejahatan. Mencuri dari orang-orang kaya yang korup dan menyumbangkan hasilnya kepada orang lain.

Sifat Oliver dan Lex sangat bertolak belakang. Selain sifatnya yang agak jayus, Oliver selalu berusaha memakai kekayaannya dan kecerdasannya untuk menciptakan sesuatu untuk menolong orang banyak. Berbeda dengan Lex yang memakai perusahaannya untuk melakukan penelitian berbahaya untuk memenuhi ambisi butanya akan kekuasaan.

Sifat Oliver yang paling menonjol adalah kesediaannya untuk dengan rendah hati mengakui kesalahan. Dia tidak berusaha membela diri dan segera meminta maaf kalau menyadari dia bersalah. Bertolak belakang Lex dan Lionel yang terbiasa menutupi kesalahan dengan segala macam rekayasa.

Satu hal yang cukup menakjubkan dari Oliver adalah dia berpatroli ke seluruh dunia dan mengumpulkan para jagoan super untuk bekerja sama. Green A pada awalnya dijadwalkan hanya muncul beberapa episode dalam season 6 tetapi akhirnya dalam season 7 dia muncul dalam episode Shiren. Dalam episode itu dia berusaha merekrut Black Canary, salah satu anggota Justice League.

Kehadiran Justin Hartley sebagai Oliver tentunya membawa kesejukan tersendiri bagi para Smallviller khususnya kaum hawa.

Hubungan Oliver dan Clark Kent

Pertemuan pertama Clark dengan Oliver tidak begitu meninggalkan kesan yang baik. Oliver yang mengawasi Lex yang dirasuki Zod dan memiliki kekuatan super menyadari kehadiran Clark. Oliver memandang Clark sebagai ancaman, begitupun Clark dengan kehadiran Oliver sebagai Green Arrow. Suatu saat Green Arrow mencuri dalam malam amal yang diadakan Martha.

Tentu ini membuat Clark berang karena insiden ini mempermalukan Martha. Namun akhirnya Clark tahu tentang siapa Green Arrow dan apa tujuannya yang sebenarnya. Green Arrow menganggap bahwa tujuan akhir dari suatu kegiatan menentukan apakah kegiatan itu baik atau tidak, walaupun itu mencuri, Clark yang idealis memandang itu melanggar hukum dan tidak setuju dengan pandangan Green Arrow.

Clark hampir tidak pernah akur dengan semua superhero lain yang muncul. Namun segera keduanya menemukan kesamaan bahwa mereka berdua berjuang untuk keadilan dan bermusuhan dengan Lex. Pertemanan di antara keduanya membuat para penggemar mengalami dejavu. Kita pernah melihat situasi dimana Clark mempunyai sahabat seorang jutawan muda.

Namun hubungan mereka didasari rasa percaya dan kesamaan tujuan. Saling mengetahui rahasia satu sama lain dan segala problematika yang muncul karena punya dua identitas menyebabkan mereka dekat. Clark mengalami hal yang rumit dalam hubungannya dengan Lana. Oliver mengalami kerumitan hubungan dengan Lois. Karena itu mereka dekat dan saling menjaga rahasia.

Clark sekalipun lebih muda dibanding Oliver, lagi-lagi Clark menjadi pribadi yang menginspirasi Oliver. Oliver belajar memiliki sikap seorang pahlawan yang benar dari seorang Clark. Bagaimana beraksi tetapi tetap sesuai batas, bagaimana memiliki hasrat melindungi orang lain dan hal yang lain.

Di lain pihak, identitas rahasia Oliver sebagai Green Arrow ternyata menjadi role model bagi masa depan Clark sebagai Superman. Oliver membuat Clark sadar bahwa diluar sana sosok Clark dibutuhkan. Oliver selalu rewel karena Clark terlalu sibuk menyimpan rahasianya dan menjalani hidup sebagai "anak petani normal". Bertemu dengan Green Arrow membuat Clark belajar dari sekedar secara kebetulan bertemu dengan para meteor freak dan para penjahat, Clark ditunjukkan dalam dunia kepahlawanan Oliver. Berpatroli dan aktif membasmi kejahatan. Semacam kegiatan kepahlawan yang lebih terarah.

Namun mereka berdua memang masih tetap bekerja sendiri-sendiri. Clark sibuk mengurusi Para Zoners. Oliver sibuk membuat perhitungan dengan musuh bebuyutannya Lex Luthor. Hanya kadang-kadang mereka bekerja sama. Sebagai Green Arrow, kekuatan Clark membuat Oliver merasa minder dan cukup tertekan. Dia merasa tidak berada dalam satu "liga" dengan seorang Clark. Walau sang Oliver ternyata mengumpulkan para jagoan super lainnya dalam rangka menghadapi Lex, Clark terasa berbeda dengan yang lain.

Dengan kata lain,Oliver merasa seandainya dia sekuat Clark tentunya akan lebih mudah membasmi kejahatan. Sayangnya Clark dengan seabrek kekuatan yang dimilikinya, tidak berminat sama sekali untuk beraksi membasmi kejahatan. Dan hanya menunggu masalah datang.

2 comments:

  1. quw suka banget ma oliver queen. cakep bo...

    mudah2an nongol terus di smallville.

  1. MyDailyPlanet said...:

    Dengar-dengar awalnya memang dia hanya diminta tampil selama season 6 itupun cuma beberapa episode tetapi akhirnya di season 7 pun dia muncul walau mungkin dia cuma satu episode. Bukan gak mungkin klo kelak ada film serial tersendiri untuknya

Post a Comment

Hi friends, have something in your minds: Comments, Critiques, Questions or Requests?. Just write them done. You know the rules : no spams, keep civilized, and polite.
Every comment that against the rules above will be deleted.

Follow us

Recommend Us On Google
Like Us On Facebook
Follow Me on Pinterest